Monday, May 14, 2007

Bahaya Krisis Ekonomi jilid II

Parah, belom beres sama krisis yang sekarang. Ada anceman baru lagi terhadap kehidupan ekonomi Indonesia....

Kita bakalan kena krisis ekonomi tahap dua karena orang-orang pada kemakan teori "mau enaknya aja" dari tung desem, kiyosaki dan orang cin satu lagi, dia ngajarin gak bener. Jualan saham sama valas, akhirnya banyak orang yang kemakan. Jualan saham sampe harganya membumbung tinggi, tapi gak ada yang turun ke ekonomi riil. Akhirnya, ekonomi kita menggelembung dah.

Moneter tinggi, riil rendah, di perparah lagi dengan tindakan bank yang juga ikut-ikutan diem. Duitnya di endepin sampe jamuran. Bahaya nih, negara cuma bayar bunga SBI jadinya, tapi, gak diputer, percuma juga. Rakyat jadi kelaparan gak punya duit, fungsi stabilitator harga juga gak jalan, minyak goreng harganya mahaal banget. Payah....

Nah, kalo gitu, apakah Asia juga bakal mengalami hal yang sama mengingat. China pertumbuhan ekonomi kwartal I udah 11%, dia maju kekencengan. Untuk Eropa aja rata2 2-3% sinyalemen yang buruk kawan. China juga bisa mati kayak sapi gelonggong, karena infrastrukturnya juga gak bagus dan salah satu pasar produk cina (terutama yang aspal) adalah Indonesia.

So, if we fall they also will, and the asia, Europe and America also.

No comments: