Saturday, March 31, 2007

Jaman Niat

Tulisan ini, diawali dari teman saya, yang protes terhadap beberapa karya seni, kata-kata dan tulisan saya.

Dia bilang, kalo tindakan/kata-kata saya itu gak ikhlas.... Saya ingin memberikan pembelaan.

Maksud dari ikhlas itu apa?
1. Ikhlas itu mungkin berarti hanya mengharapkan balasan dari Allah. Lah, ini mah emang tujuan saya.

2. Memiliki tujuan yang besar di belakang. Ya, semua orang punya tujuan buat ngomong. Kalo kagak namanya gila, hanya menceracau. Nah, tinggal tujuannya itu gimana. Benar atau Salah, kalo begitu, Insya Allah tindakan saya benar. Karena dari buku Filsafat ada dua definisi benar, pertama sesuai dengan kenyataan. Kedua, menguntungkan bagi saya.

Beralih ke karya seni...

Menurut definisi dari seni kontemporer, seni itu yang penting adalah niatan dibalik karya seni. Ada karya seni yang tujuannya untuk memprotes seni, jadi beberepa karya seni malah dibakar untuk tujuan itu.

Jadi, apakah orang sekarang tidak berniat? Padahal setiap orang harus berniat? Karena sekarang adalah jaman niat, kalo kita berniat, api pergerakan akan tetap menyala dan menerangi sekitarnya.

No comments: