Tuesday, December 25, 2007

John Maynard Keynes

Beberapa saat yang lalu.. gw banyak baca buku ekonomi... dan tiba-tiba ada nama keynes sering disebut dalam kegagalan bank dunia dan imf untuk menolong dunia ketiga...

Kegagalannya dimana? hmm... kata si stiglitz sama soros sih.... Si keynes menyarankan agar dalam keadaan krisis, pemerintah seharusnya buang-buang uang biar ekonomi muter... Uang ada ditangan rakyat dan dia bisa ngebelanjain uangnya... Uang yang dibelanjakan bisa buat modal ekonomi... Namun, bank dunia dan imf malah menyuruh negara negara tersebut untuk membuka pasar dan menumpuk kedalam cadangan devisa buat bayar utang... Tindakan ini membuat uang lari keluar negeri dan rakyat gak punya dana untuk dibelanjakan... Udah kebukti salah di jerman, katanya dulu pemerintah jerman abis perang dunia I harus bayar utang ke sekutu yang jumlahnya gak kira2 makanya jerman langsung koleps dan si keynes bikin bukunya yang terkenal yaitu the general theory of unemployment, bla-bla lupa awa...

Jadi, gw makin penasaran sama ni orang... gw baca profilnya dan gw baca resensinya di wikipedia... Tapi gw pengen banget baca buku yang general theory bla-bla itu... Singkat cerita, gw cari lah tu buku di internet... Gw dapet, Gw donlot, Gw print.... terus gw baca lah... Dan, memang itu sebuah magnum opus!!! cuma sayangnya gw gak ngerti beberapa istilah ekonominya ada yang maw bantu??

2 comments:

Anonymous said...

Dulu waktu tahun pertama kuliah pernah ambil pelajaran bahasa jerman. Ada pertanyaan menarik di kelas, Kenapa orang jerman itu bisa percaya sama janji hitler untuk menguasai dunia? Bukankah ras arya (bangsa jerman) itu salah satu ras yang selalu berpikir rasional [citation needed]?

Dosen menjawab, karena hitler pernah membuktikan janjinya untuk mengangkat kembali ekonomi jerman. Setelah kekalahan dalam PD I rakyat jerman hidup dalam kemiskinan (malaise). Hitler membangun kembali ekonomi jerman dengan membangun perusahaan besar milik negara VW (Volkswagen). Dengan membangun perusahaan ini negara jerman menghabiskan banyak uang sehingga tercipta lapangan pekerjaan dan perputaraan uang. roda ekonomi pun bergerak kembali. Ini membuat rakyat semakin percaya pada Hitler. Karena itulah ide "gila" hitler pun di percayai oleh rakyat jerman. Sama dengan yang dibilang sama keynes. Kalo krisis negara harus "burn" uang dalam bentuk proyek2 besar sehingga terjadi perputaran roda perekonomian.

Kalo kata dosen ekonomi, GDP = C + Inv + G + (X-I); G = Goverment Expenditure. Nah kalo G naik dan faktor lainnya tetap otomatis GDP akan naik. Lagipula, bukankah pendapatan perkapita = GDP/Total penduduk. Jadi kalo GDP naik dan faktor lain tetap maka pendapatan perkapita akan ikut naik. gitu katanya sih.

Singapura pun demikian. Pernah terjadi resesi pada tahun 1986. Saat itu pemerintah tidak lantas melakukan saving tetapi membuat proyek MRT (KRL kali yah kalo di Indonesia) se -Singapura. Lagi-lagi salah satu rasionya karena rumus GDP diatas. begitu kata dosen ekonomi dulu. yah tapi ini baru level ekonomi untuk beginner sih. harap maklum.

Anonymous said...

ada softcopy file di harry biologi ttg keynes, loe minta ajah kedia..