Sunday, December 23, 2007

Gem-bronx

Ini dia satu lagi contoh dari para kawan-kawan kapitalis laissez-faire. Gem-bronx yang dalam bahasa setempat sering disebut dengan gembrong adalah sebuah kawasan di pinggir kali ciliwung. Bapak gw sering bilang kalo disitu itu dulunya tempat rampok, maling, gembel, pengemis dan tukang mungutin beras dari pasar induk. Disitu itu tempatnya sampah masyarakat bercokol.

Beberapa tahun yang lalu, sekitar kelas 3 SD, disana ada beberapa tukang jualan mainan plastik. Gw sering beli beberapa mainan, terutama tembakan plastik dan petasan. Biasalah anak kecil... dan tetap gw beli dari sana sampe dengan petasan itu dilarang beredar akibat seringnya serangan teroris di Indonesia.

Kemarin pas lagi idul adha, gw kesana lagi bersama saudara-saudara gw... Eng-ing-eng.. sekarang keadaannya luar biasa! ternyata banyak mainan yang tadinya dijual di mal dapat dijual dengan harga 50% lebih murah... bisa ditawar lagi... rentang produknya pun luar biasa, dari 20 rb sampe 1,5 juta. Memang betul-betul luar biasa.... semua itu berkat kerja keras pedagang yang ada disana.... Hidup kapitalis laissez-faire! Yang telah merubah gembronx menjadi mutiara di ciliwung!

No comments: