Tuesday, May 26, 2009

CRM (Customer Relationship Management) Dengan Drupal

CRM adalah kepanjangan dari Customer Relationship Management, dl waktu internet belom ada CRM digunakan oleh para telemarketer untuk menawarkan produk. CRM ini digunakan agar para telemarketer dapat lebih tepat sasaran dalam menawarkan produknya lewat telepon. Tapi seiring dengan perkembangan waktu, internet semakin cepat, sehingga membuat urusan CRM beralih dari telepon ke email ato ke website. CRM ini juga dapat meningkatkan awareness konsumen terhadap suatu brand, dan juga dapat membuat konsumen taw produk-produk baru dari suatu brand. Karena CRM ini dapat memberitahukan apa produk baru yang sekiranya dia sukai. Semisal, customer suka novel fiksi dan dia memberitahukan kepada sebuah penerbit bila dia suka fiksi. Maka si penerbit dapat memberitahukan kepada si konsumen jika ada judul baru yang terbit.

Mengapa drupal? karena Drupal adalah open souce, sehingga dia dapat digunakan untuk kalangan Usaha Kecil dan Menengah. Mereka bisa memberitahukan apa saja produk yang baru dari suatu UKM kepada masyarakat ramai. sehingga mereka dapat memesan produk tersebut baik lewat telepon, web ato lewat email. Kemudian di Drupal jg sudah menyediakan layanan untuk multi user, grup dan forum, sehingga konsumen dapat memberikan komentar dan umpan balik kepada si produk sehingga sang produsen dapat melakukan perbaikan terhadap produknya. selain itu juga kemudahan drupal untuk dikembangkan dan diindex oleh mesin pencari.

Keburukan drupal adalah, bahwa dia menyerap terlalu banyak resource, sehingga rada berat kalo dibuka, tapi masih tetap lebih berat .NET -_-... secara umum Drupal menggunakan database 2 kali lebih banyak daripada wordpress. namun hal tersebut dikompensasi dengan besarnya lingkup drupal, karena mencakup CMS dan framework sendiri didalamnya dengan kemampuan polymorphism, dengan perintah hook_form, ato hook_user. Jika kita ingin mengganti form user, tinggal ganti saja kata hook dengan nama modul anda contoh ivan_user, maka secara otomatis, form user sudah berubah.

Apa saja yang dibutuhkan?

- Drupal 6.12 beserta modul dibawah ini :D
- Organic group : untuk memaintain grup, dengan opsional og_mandatory_group, ato yang sebentar lagi rilis og_location (memaksa orang masuk kedalam grup berdasarkan lokasi) <= buatan saya, doakan agar cepet rilis :D
- Fivestar, votingapi, token : untuk melakukan voting terhadap suatu produk
- CCK : untuk membuat form pemesanan
- privatemsg : untuk membuat pesan antar sesama user
- view : untuk membuat memfilter konten
- wsywig dan IMCE, serta fkceditor : untuk membuat editor yang user friendly

catatan : saya dapet ide waktu bikin CRM like buat partai gerindra :D

3 comments:

Anonymous said...

kasi stepnya donk mas, dengan memanfattkan modul yang mas sebutkan diatas.
kalau dengan cara mas berhasil, saya ga perlu download civiCRM lagi deh. BT karena banyak maunya. hehehe.

Ivan said...

install aja semua, terus bikin modul sendiri :D, kamu bisa bikin modul drupal kan ?

jemiro said...

wah, dulu drupal tidak sebaik ini :D sekarang suportnya sudah banyak banget :D