Sunday, February 15, 2009

Membuat Widget Bar pada WordPress

sebelum gw lanjut nulis, tolong dipahami bahwa saya engga suka pake WP, tapi ketika ada proyek saya terpaksa pake... nah, saya dapet proyek ngembangin web pake WP... terus saya bingung gimana bikin multiple widget gt. Nah, saya ngubek-ngubek se internet.. akhirnya dapet caranya... cukup mudah...

1. pertama :
buka function.php di folder theme wordpress anda. cari bagian dengan line code seperti ini

if ( function_exists('register_sidebars') )
register_sidebars(jumlah sidebar anda);
kemudian ganti register_sidebar sesuka anda, maw tiga puluh jg bisa

2. kemudian, cari dimana anda ingin menaruh widget tersebut, bila di footer, anda cari footer.php, kalo maw di index, anda cari index.php kalo maw di sidebar, cari di sidebar.php

3. setelah anda memutuskan dimana anda ingin menaruh kode tersebut masukkan kode ini

klik ddi window baru, terus angka 3 bisa diganti dengan id sidebar anda.


4. masuk ke wp_admin dan pilih widget di sidebar no sidebar yg anda maw! selesai dah

but still i love drupal -_-"

1 comment:

virtue said...

di wordpress masang widget lebih susah di bandingin di blogspot yah mas :(