Wednesday, November 26, 2008

Pengalaman Mengerikan di ICU

Beberapa hari yang lalu, saya menjenguk teman saya sawung di ICU RSHS. Dia baru saja terkena penyakit masuk angin di rongga paru-paru. Dia dioperasi ditempat dengan bius lokal dan dadanya dilubangi ditempat dan tidak ditutup oleh kerai ruang operasinya.

Saya melihat dengan syok, saya melihat sekeliling, dan "Astaga!" saya berkata dalam hati. Bau anyir darah dan pemandangan seperti dimedan perang terlihat disana. Disebelah kiri saudara sawung, ada pasien yang ditutupi kepalanya dengan kain setelah kecelakaan. Disebrang sana ada seseorang yang berteriak "Allahhuakbar!" karena operasi luka dengan luka yang menganga dan darah yang menetes. Darah tersebut ditampung di baskom. Tak jauh dari sana ada pasien yang mengelepar-gelepar sekarat. Dibagian lain ada seseorang dengan muka lebam-lebam.

Melihat pengalaman seperti itu, saya jadi berjanji dalam hati untuk tidak ngebut dijalan, menjaga kesehatan, selalu bersyukur dan berdoa agar saya tidak masuk ICU. Semoga cepat sembuh sawung!

2 comments:

Anonymous said...

semua ICU ky medan perang ky gitu ya?
atw cuma ICU RSHS doang ya??

btw, semoga temenlu cepet sembuh.. :)

Ivan said...

kalo rumah sakit pemerintah sepertinya begitu, tapi kalo di swasta seperti di mitra internasional ato boromeus aga mendingan